Zat Kimia Penyebab Luka Bakar

Seperti yang anda ketahui bahwa salah satu faktor yang dapat menjadi Penyebab Luka Bakar adalah zat kimia. Tapi, zat kimia seperti apakah yang tergolong ke dalam jajaran faktor penyebab luka bakar ini ?

Zat Kimia Penyebab Luka Bakar

zat kimia penyebab luka bakar

Zat kimia menyumbang angka 2 sampai 11% dari semua kasus luka bakar dan menyebabkan hingga 30% kematian dengan luka bakar, bahkan pada tahu lalu, luka bakar akibat zat kimia terutama air keras meningkat tajam.

Luka bakar pada organ luar atau organ dalam tubuh disebabkan oleh zat kimia yang bersifat asam kuat 26% dan basa kuat 55%, serta zat produksi petroleum. Jika diklasifikasikan, hasilnya adalah :

Alkalis atau basa kuat

Hidroksida, soda kaustik, kalium amoniak, lithium, barium, kalsium, atau bahan-bahan pembersih. Sifat basa kuat ini dapat menyebabkan liquefaction necrosis atau denaturasi protein.

Acids atau asam kuat

Asam sulfat, asam aksalat, asam hidroklorat, asam format, asam hidrofluorida, atau bahan pembersih kamar mandi dan kolam renang. Sifat asam ini dapat menyebabkan kerusakan sel darah merah dalam jumlah besar, bahkan sulit diobati karena sebagian tidak menimbulkan gejala sama sekali setelah terpapar zat kimia asam tersebut.

Organic compounds

Fenol, creosote, serta petroleum merupakan desinfektan kimia yang dapat menyebabkan kerusakan kutaneus, efek toksis terhadap ginjal dan liver.

Ketika anda atau salah satu anggota keluarga mengalami luka bakar akibat zat kimia, sebaiknya anda memerhatikan hal berikut ini dan segera bawa ke pihak medis, diantaranya :

  • Jika ada tanda syok seperti pingsa dan pucat hampir di seluruh wajah serta tangan kami, sulit bernafas atau nafas lambat.
  • Jika zat kimia menembus lapisan pertama kulit sehingga menimbulkan luka bakar derajat 2 dan lebar terpanjangnya melebihi 7,6 cm.
  • Jika luka bakar terjadi di area mata, tangan, kaki, wajah, selangkangan, bokong, atau di sendi-sendi utama.
  • Jika sakit akibat luka tidak bisa juga diredakan dengan orang pereda sakit biasa.

Selain itu, ketika anda tidak mendapatkan solusi tepat dan ingin beralih pengobatan untuk penyembuhan luka bakar, beralihlah pada obat luka bakar Jelly Gamat Gold-G yang mampu memberikan solusi pengobatan terbaik dan aman pada luka bakar ringan maupun kronis. Untuk selengkapnya, silahkan ke halaman Cara Menyembuhkan Luka Bakar.

Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *