Tips Menghindari Infeksi pada Luka

Ketika luka tidak segera diobati atau pengobatan yang dilakukan tidak berjalan dengan baik, hal yang paling ditakutkan terjadi adalah infeksi. Saat bakteri yang masuk pada jaringan luka, tubuh akan merangsang pengeluaran antibodi untuk menyerang bakteri yang masuk tersebut agar proses infeksi bisa dihindari. Lalu bagaimana Tips Menghindari Infeksi pada Luka yang sangat diperlukan ini ?

Tips Menghindari Infeksi Luka

tips menghindari infeksi luka

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk menghindari terjadinya infeksi luka, diantaranya :

  • Menjaga kebersihan badan dengan memerhatikan daerah yang luka jangan sampai terkena air. Karena kulit yang lembab dan terbungkus dapat memicu perkembang biakan kuman.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung Protein seperti susu, telur, madu, roti, ikan laut, dan kacang-kacangan. Selain itu, perbanyak juga asupan buah dan sayuran.
  • Ganti balutan dengan teknik steril
  • Minum obat sesuai anjuran untuk menghindari infeksi yang kemungkinan akan terjadi.
  • Waspada ketika terjadi tanda tubuh panas, luka bengkak dan tambah sakit.

Anda juga perlu mengetahui bagaimana tanda-tanda saat infeksi muncul dengan kenampakan beberapa gejala seperti rasa panas pada daerah yang infeksi (kalor), rasa sakit pada daerah luka yang terinfeksi (dolor), kemerahan pada kulit yang luka terinfeksi (ruber), bengkak pada area luka, dan gangguan fungsi gerak pada daerah yang terinfeksi.

Saat gejala muncul, sebaiknya segera mendapatkan penanganan dengan lebih tepat dan aman dengan metode pengobatan alami untuk mendapatkan kesembuhan yang lebih baik.

 

Posted By Obat Luka Bakar Kronis

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *