Mengetahui Penyebab Luka Bakar

Obat Luka Bakar,- Luka merupakan salah satu kondisi yang menandakan adanya kerusakan atau hilangnya sebagian jaringan tubuh. Ada beberapa macam jenis luka yang mungkin anda ketahui, namun satu jenis luka yang kerap menyita perhatian karena proses penyembuhan yang cukup lama sesuai dengan tingkat keparahan luka yang terjadi yaitu luka bakar.

Luka bakar disebabkan oleh benda atau zat yang bersifat panas. Berikut kami akan sedikit menjelaskan lebih spesifik mengenai penyebab dari luka bakar ini.

Penyebab Luka Bakar

 

penyebab luka bakar

Api atau Benda Panas

Adanya kontak langsung dengan api maupun benda padat bersifat panas seperti penggorengan maupun setrika. Tingkat keparahan luka tergantung seberapa lama kontak tubuh dengan penyebabnya tersebut.

Air panas

Adanya kontak langsung dengan air panas, minyak panas, maupun cairan panas lainnya. Sama seperti halnya luka akibat api, tingkat keparahan luka juga tergantung pada waktu atau lamanya kontak tubuh dengan penyebab serta suhu dan kekentalan cairan panas tersebut. Semakin panas dan kental cairan, maka luka bakar cenderung semakin parah.

Bahan kimia

Terjadi kontak langsung dengan bahan-bahan kimia yang bersifat asam atau basa kuat sehingga dapat menimbulkan reaksi dan menghasilkan panas, misalnya asam sulfat (air keras). Semakin lama kontak dengan bahan kimia tersebut semakin dalam luka bakar yang diakibatkan dan luas daerah yang terkena juga akan menentukan beratnya luka bakar yang terjadi.

Listrik

Penyebab paling umum dari luka bakar listrik pada anak-anak adalah kabel listrik (60%), saklar listrik (14%), dan juga petir. Bahkan orang yang tersambar petir dalam beberapa kasus bisa meninggal seketika. Meskipun cedera listrik terutama mengakibatkan luka bakar, cedera ini juga bisa mengakibatkan patah tulang atau dislokasi karena trauma tumpul atau kontraksi otot. Pada cedera istrik tegangan tinggi, sebagian besar kerusakan mungkin terjadi di bagian dalam tubuh, sehingga sejauh mana cedera terjadi tidak dapat dinilai dengan pemeriksaan kulit saja. Kontak dengan tegangan rendah maupun tinggi bisa mengakibatkan aritmia jantung atau serangan jantung.

Radiasi

Terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama, radioterapi pada pengobatan kanker, atau efek panas dari gelombang mikro.

Gesekan

Kontak langsung dengan permukaan keras seperti jalan, karpet, atau permukaan lantai gym. Benda semacam itu biasanya mengalami proses pengikisan (abrasi) dan mengakibatkan luka terbakar karena panas gesekan itu.

Dengan Mengetahui Penyebab Luka Bakar ini, setidaknya anda dapat melihat perbedaan luka bakar dengan jenis luka lainnya, sehingga pengobatan yang akan dijalankan pun sesuai yang anda butuhkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *