Khasiat dan Manfaat Tanaman Anting-anting

Obat Luka Kronis | Tanaman anting-anting sering sekali dianggap sebagai gulma atau hama tanaman yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman yang sengaja ditanam oleh menusia. Walaupun fakta umum berkata demikian, namun tanaman anting-anting tak bisa dianggap remeh karena dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Apa saja manfaat anting-anting yang tak pernah terduga ini ?

Manfaat Tanaman Anting-anting

manfaat tanaman anting-anting

Mengatasi diare

Diare yang menjadi salah satu permasalahan umum pada pencernaan manusia dapat menimbulkan dampak yang tak biasa jika tak segera ditangani bahkan sampai berlanjut ke tahap yang serius. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi diare ini yaitu dengan tanaman anting-anting. Caranya yaitu dengan menggunakan 30-60 gram daun anting-anting yang dikeringkan, rebus dengan 2 gelas air, tunggu sampai mendidih dan hanya tersisa 1 gelas, kemudian dinginkan. Minum setengah gelas ramuan tersebut selama 2 kali sehari sampai diare teratasi dengan baik.

Mengatasi disentri

Tak jauh berbeda dengan diare, tanaman anting-anting juga dapat mengatasi disentri secara aman dengan melakukan pengolahan yang sama seperti pada penderita diare, namun aturan minum yang berbeda. Untuk disentri, kita minum larutan anting-anting tersebut selama 5 sampai 10 hari.

Baca juga : Penyebab Terjadinya Sengatan Listrik dan Luka Bakar

Menghentikan pendarahan di tubuh

Pendarahan yang terjadi pada tubuh tentunya harus mendapatkan perhatian, terlebih jika pendarahan tersebut berada di luar batasan, karena kemungkinan akan terjadi beberapa kondisi lain yang justru akan membuat kondisi tubuh semakin memburuk.

Salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk menghentikan pendarahan tersebut adalah dengan ramuan tanaman anting-anting. Pengolahan yang dilakukan sama seperti pada kasus diare maupun disentri, namun untuk menghentikan pendarahan ini, kita bisa minum sebanyak 2 kali sehari ramuan anting-anting dengan masing-masing setengah gelas di setiap kali minum.

Mengatasi luka bakar

Selain untuk pendarahan, tanaman anting-anting rupanya bisa kita manfaatkan pula untuk mengatasi luka bakar dan mencegah terjadinya infeksi akibat luka bakar tersebut. Caranya yaitu dengan menggosokkan daun anting-anting segar pada bagian yang terkena luka bakar, lakukan secara teratur sampai luka mengering dan sembuh. Namun jika anda merasa tidak mampu melakukan hal yang sedikit menyakitkan ini, kami rekomendasikan alternatifnya, silahkan kunjungi halaman Cara Menyembuhkan Luka Bakar Ringan dan Kronis.

Nah, itulah beberapa khasiat dan manfaat tanaman anting-anting yang tak banyak diketahui masyarakat. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi solusi di kemudian hari. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *