Hal yang Perlu Dihindari Luka Bakar

Seperti yang kita ketahui jika luka bakar merupakan jenis luka yang tidak bisa dianggap sepela terutama jika derajat luka yang diderita adalah tingkat yang paling serius. Membutuhkan penanganan dan perawatan yang benar agar luka bakar yang terjadi dapat sembuh dengan baik bahkan relatif lebih cepat. Namun semua itu tentunya butuh usaha yang tepat dan cekat. Jangan lupa untuk tidak panik seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya di Pertolongan Pertama pada Luka Bakar.

Pertolongan pertama akan mempengaruhi penanganan dan perawatan luka selanjutnya, sehingga memang dibutuhkan usaha yang lebih teliti. Di antara usaha atau penanganan tersebut, ada aturan tertentu yang harus dijalankan dan ditinggalkan atau dijauhi. Seperti penjelasan berikut ini.

Hal yang Perlu Dihindari Luka Bakar

pantangan luka bakar

Berikut ini ada beberapa Hal yang Perlu Dihindari Luka Bakar agar penanganan lancar dan luka tidak semakin parah :

  1. Langsung menolong korban tanpa memperhatikan keselamatan diri, salah satu yang perlu diperhatikan adalah mematikan sumber listrik atau api yang bisa menyelakai di penolong.
  2. Jangan mengoleskan odol, minyak, mentega atau bahan lainnya selain obat luka bakar yang tepat.
  3. Jangan menggunakan kapas pada luka bakar karena dapat menempel pada luka tersebut terutama jika luka tersebut melepuh.
  4. Jangan menggunakan air es untuk membersihkan luka bakar.
  5. Jangan terlalu lama membersihkan atau membasuh luka bakar karena bisa menyebabkan hipotermia (suhu tubuh menurun drastis).
  6. Jangan memecahkan gelembung yang terjadi akibat proses luka bakar tanpa menggunakan salep atau obat untuk luka bakar.
  7. Jangan sembarangan memilih obat sebelum benar-benar diketahui komposisi dan manfaatnya secara jelas.

Dengan menghindari beberapa hal di atas, semoga penanganan dan proses penyembuhan luka bakar terlebih luka bakar kronis dapat berjalan baik dengan hasil yang optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *