Derajat Tingkat Keparahan Luka Bakar

Luka bakar yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya Penyebab Luka Bakar, memiliki derajat tingkat keparahan yang dapat menjadi acuan dalam awal dan penanganan lebih lanjut.

Derajat Luka Bakar

derajat luka bakar

Untuk menentukan apakah diperlukan Referensi untuk dibawa ke pusat perawatan khusus luka bakar atau tidak perlu, maka anda harus mengetahui Derajat Tingkat Keparahan Luka Bakar berikut ini :

  1. Derajat I > Kulit yang terbakar hanya mengenai lapisan kulit teratas. Kulit menjadi kemerahan dan kemungkinan akan mengalami pembengkakan, timbul rasa nyeri, dan biasanya akan sembuh sekitar 3 hari.
  2. Derajat II > Kulit yang terbakar memasuki lapisan kedua, umumnya akan membentuk bengkak lepuh lepuh (berair), bercak merah dan menimbulkan rasa nyeri.
  3. Derajat III > Tingkat yang paling serius, umumnya penderita tidak akan merasakan nyeri (mati rasa), akibat saraf yang mati. Luka dapat memengaruhi otot, tulang dan akan menimbulkan bercak putih pada kulit (dapat terjadi secara permanen).

Luka bakar ringan pada umumnya dapat diatasi di rumah, luka bakar sedang biasanya dapat diatasi di rumah sakit, luka bakar berat harus ditangani di pusat perawatan khusus luka bakar. Untuk itulah mengetahui derajat atau tingkat keparahan luka bakar merupakan hal yang sangat penting agar penanganan dapat dijalankan dengan segera serta benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *