Atasi Luka Terbuka dengan Jarak Tintir

Manfaat Jarak Tintir untuk Luka

Tanaman jarak tintir atau jarak cina merupakan salah satu tanaman semak berbunga merah yang tumbuh di sepanjang tahun, terutama pada daerah dengan cuaca panas.

Meskipun jarak tintir ini telah digunakan sejak dulu sebagai tanaman dengan manfaat obat, penelitian tetap dilakukan untuk mengetahui lebih jelas beberapa kandungan bermanfaatnya.

atasi luka terbuka dengan jarak tintir

Sebuah penelitian yang dilakukan mengenai kandungan dalam tanaman jarak tintir menyebutkan bahwa terdapat kandungan alkaioids, tanin (sebagai peredam radikal bebas yang masuk melalui luka), glikosida, saponin (untuk mendorong percepatan proses aktivitas biologis yang didalamnya turut terkandung anti-bakteri, anti-virus, anti-oksidan), dan flavonoid (sebagai penetralisisir efek radikal bebas sehingga meminimalisir efek kerusakan pada sel-sel yang terkena dampak luka terbuka). Jarak tintir secara tradisional banyak digunakan dalam pengobatan masalah pencernaan dan kolik, selain sebagai tonik dan daunnya dapat mengobati luka, cacingan, sariawan serta infeksi pada kulit.

Penelitian lebih lanjut dilakukan oleh dokter Juniarti, akultas Kedokteran Universitas Indonesia pada ekstraksi daun jarak tintir. Hasilnya menunjukan bahwa jarak tintir mengandung senyawa metanol yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka luar dengan cepat dan baik.

Beliau juga membuktikan bahwa metanol dalam ekstrak jarak tintir dapat mempercepat proses inflamasi yang biasanya berlangsung selama lebih dari 7 hari, menjadi hanya 3 hari. Dalam kurun waktu yang lebih cepat itu, luka terbuka telah tertutup rapat dan tergantikan dengan kulit baru. Selain itu, penggunaan metanol dari jarak tintir ini mampu mengurangi efefk parut pada kulit yang biasanya ditemui pada bekas luka.

Setelah anda mengetahui bagaimana kemampuannya, segera Atasi Luka Terbuka dengan Jarak Tintir untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka terutama luka terbuka yang terjadi !

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *