Agar Cepat Pulih, Pasien Luka Bakar Harus Makan

pasien luka bakar harus banyak makan

Ketika anda mengalami luka bakar, mungkin hanya rasa sakit yang bisa anda rasakan, sampai anda tak memenuhi kebutuhan anda dengan mengenyampingkan makan karena memang di saat seperti itu selera makan anda akan menurun bahkan hilang sama sekali. Padahal dengan makan secara teratur bahkan mungkin lebih banyak dari biasanya namun tidak menyalahi aturan kebutuhan tubuh dan gizi yang dibutuhkan, justru akan membuat tubuh lebih fit serta diyakini dapat mempercepat proses penyembuhan.

Salah seorang pakar mengungkapkan bahwa ketika anda mengalami luka bakar yang cukup parah, metabolisme tubuh akan berubah. Tubuh yang masuk ke mode hiper dalam penyembuhan luka akan mencari dimana sumber nutrisi dan mendapatkn nutrisi tersebut sebisanya. Jika anda yang terkena luka bakar malah tidak mendapatkan asupan nutrisi sama sekali, maka tubuh akan merampas nutrisi yang telah di dalamnya. Hal ini tentu akan membuat tubuh kehilangan daya tahannya sehingga penyembuhan pun akan berlangsung lebih lama lagi.

Kebutuhan asupan makanan ketika kita mengalami luka bakar bahkan yang terparah sekalipun selalu diupayakan, bahkan jika harus dengan selang (infus) sekalipun. Cairan makanan yang mengandung Protein ini dalam memperbaiki tubuh untuk menutup lukanya, glukosa sebagai bahan bakar dan menghasilkan energi, Vitamin D sebagai pengatur pertumbuhan sel baru yang tentunya dibutuhkan pada kondisi sel rusak pada luka, serta Asam lemak Omega 3 yang membantu anda mengatasi peradangan akibat luka tersebut.

Baca juga : Obat Luka Bakar

Mengkonsumsi asupan makanan dengan gizi dan nutrisi yang sesuai dan tepat untuk tubuh tak hanya dibutuhkan oleh mereka dengan kondisi tubuh tak sehat, namun orang yang sakit bahkan dengan mengalami luka bakar sekalipun lah yang seharunya diutamakan untuk penyembuhan gangguan tubuh yang terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *